Band-Band Ternama Tahun '90 an

Ini dia nama-nama band yang pernah populer dari tahun '90-an sampai 2000-an.

The Fly

Personel The Fly awalnya berjumlah tujuh orang yaitu
Kin, Levi, B'Jah, Adith, Iren (gitar elektrik), Kus (gitar akustik) dan Irwan. Mereka sempat merilis album perdana pada tahun 1997 dengan lagu andalan "Pelangi Semu". Sayangnya lagu tersebut tidak bisa mengangkat angka penjualan dipasaran. Penjualan album yang mengecewakan membuat Iren, Kus dan Irwan mengundurkan diri dan berkonsentrasi pada hal lain. Beberapa saat vakum, personel yang tersisa akhirnya berhasil mengeluarkan album berjudul The Fly (2001) yang diproduksi oleh BMG Musik Indonesia.
Satu tahun kemudian, mereka merilis album Episode III dengan melejitkan hits "Palsu" dan "Berlalu". 

Album :
* Discography (1997)
* The Fly (2000)
* Episode III (2002)
* Damailah (2004)
* If Loving You Is Wrong, I Do not Want to Be Right (2007)
* A New Beginning from Another Beginning's End (2011)

Base Jam




Base Jam adalah grup band anak muda yang terbentuk pada 15 Januari 1994. Formasi Personel mereka semula terdiri atas Adon Saptowo (Vokal), Sigit Wardana (Vokal), Adnil Faisal (Gitar), Ardi "Aris" Isnandar (Gitar), Bambang "BS" Sutanto (Drum), Intan "Anya" Putri Werdiniadi (Keyboard) dan Ardhini "Sita" Citrasari (Bass).
Berawal dari kumpul-kumpul dan nge-jam, kemudian membentuk grup band ini, sekaligus membuat nama Base Jam. Ayah Sita yang kebetulan mengenal Harry Sabar kemudian mengantarkan mereka 'belajar' padanya.
Base Jam pertama kali teken kontrak dengan PT. Musica Studios, dan merilis album pertama, Bermimpi dan album kedua Jatuh Cinta dan ke tiga Bukan Pujangga.
Pada tahun 2010 New Base Jam mengeluarkan Singlenya yang berjudul Aku berbeda,

Album :
*Ngimpi (1996)
*Dua (1997)
*Ti3a (1999)
*Sinergi Base Jam Emp4t (2000)
*Dari Hati (2001)
*The Best of Base Jam (2002)
*Dua Sisi (2003)
*Single Album (2009 - 2011)

Bragi

Bragi adalah grup band Indonesia yang digawangi oleh tiga bersaudara, yaitu Reinaldi Hutomo Wahab alias Aldi (piano, keyboard, vokal), Rendi Krisna alias Rendi (bas), Reza Ario Bima alias Echa (drum dan vokal), dan ditambah dengan Erwin Indrawan alias Erwin (gitar). Aldi, Rendi dan Echa adalah kakak beradik dari keluarga Dimas Wahab, mantan ketua ASIRI. Nama Bragi dipilih atas usulan Echa, setelah mereka lama berkutat mencari nama yang sesuai untuk grup musik mereka. Tanggal 30 Oktober 1996 juga dipilih sebagai hari lahir Bragi.
Awalnya, tiga mahasiswa asal Indonesia di Perth, Australia, kakak-beradik Aldi dan Echa serta teman mereka Taura Sudiro membentuk grup musik. Setelah berhasil membuat beberapa demo, mereka pun kembali ke Indonesia untuk ditawarkan pada para produser. Rendi, adik Aldi dan Echa pun bergabung dan mengisi posisi bas. Setelah mendapat kontrak rekaman, dan proses rekaman berjalan, Taura mengundurkan diri dengan alasan ingin konsentrasi menyelesaikan studinya di Australia. Erwin pun digaet untuk menggantikan posisinya. Sayang, setelah formasi lengkap, mereka malah mendapat masalah dengan pihak produsernya. Mereka pun merombak beberapa lagu untuk menawarkan ke produser-produser yang lain. BMG kemudian menawari mereka kontrak rekaman.

Album :
*Janji (1997)
*Semua Cinta (1998)
*Belahan Jiwa (2000)
*Bragi 4 (2004)
*The Best of (2007)

Caffeine

Caffeine adalah grup band Indonesia yang didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1996 dengan digawangi oleh Rudy, Beni, Danny, Daniel, Yandi, dan Yudi pada formasi awalnya. mereka jebolan Indie Ten produksi Sony Music Entertainment, Setelah meninggalnya Yandi[1], posisinya digantikan oleh Gagan.[2] Namun, band ini harus mengalami pergantian personel lagi. Personel Caffeine yang baru bergabung, Gagan resmi mengajukan untuk mengundurkan diri. Posisi Gagan kini digantikan oleh Alam. Tahun 2013, grup musik ini ditinggalkan oleh Danny, karena dirinya meninggal dunia akibat sakit.

Album :
*Hijau (2000)
*Yang Tak Terlupakan (2002)
*Di Telinga dan Di Mataku (2003)
*The Best of Caffeine (2004)
*Trilogi of Caffeine (2009)
*Audiography (2012)
*Single Luka Hati (2013)

Bunglon

Bunglon merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1998. Grup musik ini beranggotakan 4 orang yaitu Eko (bass), Kice (gitar), Derry (keyboard) dan Audry (vokal).

Album :
*Biru (1998)
*Emas (2001)
*Sendiri (2004)



Element

Element adalah grup band yang berdiri tanggal 14 Februari 1999. Saat ini anggota grup tersebut adalah Ferdy Taher (vokalis), Didi Riyadi (drummer), Ibank (bassist), Fajar (keyboardist), Arya (gitaris), Adhit (gitaris).
Awalnya, grup ini digawangi 7 orang, yaitu Didi Riyadi sebagai drummer, Ibank sebagai bassist, Fajar sebagai keyboardist, dua orang gitaris yaitu Arya dan Adhit serta dua orang vokalis yaitu Ronny Setiawan (alm) dan Lucky Widjatmoko. Album perdana mereka adalah Hanyalah Cinta yang mengandalkan lagu berjudul sama sebagai single pertama, dan lagu "Galau" sebagai single kedua. Album ini rilis di bawah Universal Music Indonesia yang mengontrak mereka sebanyak 3 album. Sedangkan manajemen Element dipegang oleh Oxygen Entertainment yang juga menangani fans club Element.

Album :
*Hanyalah Cinta (2000)
*Kupersembahkan Nirwana (2001)
*Paradoks (2002)
*Dialog (2004)
*Resonansi (2005)
*Neo Resonansi (2006)
*Terang (2008)


Wayang

Wayang merupakan sebuah grup musik asal Jakarta yang didirikan pada tahun 1995. Nama Wayang diambil dari inisial masing-maisng personel yakni Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya.
Album perdana Wayang dikeluarkan oleh BMG Indonesia/Musica Studios sebagai label pengedar pada 1997 dengan titel Damai. Selanjutnya Wayang hampir setiap tahun merilis album, Dongeng pada 1999, Transisi pada 2000, WYG di 2002, Dari Hati di 2003 yang saat itu masih bernaung dibawah bendera label BMG Indonesia. Dan album berikutnya adalah Belum Terlambat di rilis pada pertengahan 2005 dibawah label baru mereka yakni Sony BMG Indonesia atau gabungan dari BMG Indonesia dengan Sony Music Entertainment.
Di pertengahan perjalanan karier bermusiknya, Wayang sempat mengeluarkan album karya-karya terbaik mereka dengan judul, The Best of Wayang pada Juli 2001 dan masih diedarkan BMG Indonesia yang merupakan label satellite dari Musica Studios.
Setelah tahun 2005 hingga 2008, sudah tidak terdengar lagi gaung Wayang di kancah musik Indonesia. Hal ini disebabkan, drummer Wayang, Gilang Ariestya, harus menyelesaikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung sampai mendapatkan gelar sarjana.
Setelah lebih dari tiga tahun pensiun sementara, akhirnya Wayang kembali meramaikan panggung musik tanah air. Pada 2009 ini, Wayang yang telah ditambah personel baru, yakni Ical pada posisi gitar rhytem dan melody, lantas merilis album baru berjudul Perbedaan dilabel baru mereka yakni Universal Music Indonesia. Lalu Ical pun keluar dari band ini pada bulan Maret 2011 karena sudah bosan bergabung dengan wayang dan dikabarkan mendirikan band baru.

Album : 
*Damai (1997)
*Dongeng (1999)
*Transisi (2000)
*The Best of (2001)
*WYG (2002)
*Dari Hati (2003)
*Belum Terlambat (2005)
*Perbedaan (2008)


AB Three


kelompok vokal yang sebelumnya dikenal dengan sebutan AB Three (singkatan dari Antero Bagus Three). Kelompok vokal ini dimulai dengan bergabungnya tiga perempuan muda berusia belasan tahun. Widi (16 tahun), Nola (17 tahun) dan Lusy (18 tahun) adalah jebolan kontes menyanyi tingkat Asia, Asia Bagus. AB Three resmi terbentuk pada tanggal 13 Agustus 1993.

Albums

* Cintailah Aku (1995)
* Kerinduanku (1997)
* Nyanyian Cintamu (1999)
* Auraku (2002)
* Selamat Datang Cinta (2006)


BIP

BIP adalah grup band yang didirikan oleh tiga orang musisi yang hengkang dari Slank pada tahun 1996, yaitu Parlin Burman/Pay (gitar), Bongky Marcel Ismail alias Bongky (bass), dan Indra Chandra Setiadi alias Indra Q(keyboard). Kini formasi mereka dilengkapi oleh Irfan Fahri Lazuardy/Ipang (vokal) serta additional drum Dede Kumala.
Bongky, Indra, dan Pay sepakat mendirikan BIP empat tahun setelah berpisah dari Slank, tepatnya pada tanggal 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. Sebelumnya, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup band Sablenk (Saya Bekas Anak Slank). Vokalis awal BIP adalah Irang Perdana Arkad. Mereka pun merilis album Turun dari Langit (2001) mengandalkan lagu "Skak Mat" dan Min Plus (2002) di bawah PT EMI Music Indonesia.
Namun pada awal Maret 2003, Irang memutuskan untuk mengundurkan diri dari BIP. April 2003, bertepatan dengan dirilisnya album The Best of BIP yang merangkum 14 tembang, BIP mengumumkan mereka tidak lagi memakai Irang sebagai vokalis. Dan sebagai tanda perpisahan itu, Irang tetap mengisi vokal pada lagu terbaru BIP, yaitu "Ternyata Harus Memilih" dan "Bosen". Sebagai gantinya, mereka menggandeng Ipang, mantan vokalis Plastik. Dengan format Bongky (bass), Indra (keyboard), Pay (gitar), Jaka (drum), dan Ipang (vokal).

Album studio 
Turun Dari Langit (2001)
Min Plus (2002)
Udara Segar (2004)
Berangkat (2010)

Album kompilasi 
The Best of (2003)



EDANE

EdanE adalah grup musik beraliran hard rock dan heavy metal Indonesia asal Jakarta yang mulai berkarya sejak tahun 1991. EdanE dikenal dengan permainan gitar edan dari Eet Sjahranie, personel motornya yang pernah sepanggung dengan musikus-musikus legendaris Indonesia seperti God Bless, Iwan Fals, dan Sawung Jabo.
Aliran musik EdanE adalah hard rock, walaupun Eet lebih suka menyebutnya rock saja. Menurut Eet dan Fajar, proses penciptaan musik EdanE banyak bertolak dari rif-rif yang dimainkan di studio yang kemudian berkembang menjadi komposisi dan akhirnya lagu, inilah sebabnya penggarapan album EdanE selalu lama. Untuk satu album EdanE bisa menghabiskan lebih dari seratus shift, jumlah yang cukup banyak bagi grup musik lain.
Sejak dirintis tahun 1991, manajemen EdanE telah berpindah dari tangan ke tangan. Saat pertama terbentuk ditangani oleh Ali Akbar, kemudian pindah ke Jimmy Doto, lalu ke Aci, dan pernah pula ditangani sendiri. Saat ini manajemen EdanE dipegang oleh Heri Batara dengan Rock On Management-nya.

The Beast (1992) - produser AIRO Records & EdanE, label AIRO
Jabrik (1994) - produser EdanE, label Aquarius Musikindo
Borneo (1996) - produser EdanE, label Aquarius Musikindo
9299 (the best album) (1999) - produser EdanE, label Aquarius Musikindo
170 Volts (2002) - produser Jan Djuhana, label Sony Music Indonesia
Time to Rock (2005) - produser Jan Djuhana, label Sony Music Indonesia
Edan (2010) - label Log Zhelebour

Power Metal




 Power Metal adalah band beraliran Heavy metal yang berasal dari Indonesia, Power Metal pertama kali dibentuk dengan nama Power Band dengan formasi awal Totty M. (vokal), Ipunk (gitar), Pras Hadi (bass), Raymond (keyboard), dan Mugix (drum). Namun formasi tersebut berubah dengan digantikannya posisi vokal oleh Pungky Deaz dan bass oleh Hendix Sanada dan selain itu nama bandnya pun berubah menjadi Power Metal
  • Power One (1991)
  • Power Missions (1992)
  • Power Demons (1993)
  • Serigala(1995)
  • Pesta Dansa (1996)
  • Peace, Love & War (1998)
  • Topeng - topeng murka(2002)
  • Kebesaranmu (2005)
  • Power metal IX(2010)


 God Bless



God Bless adalah grup musik rock yang telah menjadi legenda di Indonesia. Dasawarsa 1970-an bisa dianggap sebagai tahun-tahun kejayaan mereka. Salah satu bukti nama besar mereka adalah sewaktu God Bless dipilih sebagai pembuka konser grup musik rock legendaris dunia, Deep purple di Jakarta (1975)

Album

  1. 1975 - God bless
  2. 1982 - cermin
  3. 1988 - semut hitam
  4. 1989 - raksasa
  5. 1997 - apa kabar
  6. 2009 - 36th

Kompilasi

  1. 1990 - the story of god bless
  2. 1992 - 18 greatest hits of god bless
  3. 1999 - the greatest slow hits

 Dewa 19


Dewa 19 adalah sebuah grup musik yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya, Indonesia. Grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel dan formasi terakhirnya sebelum dibubarkan pada tahun 2011 adalah Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Setelah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an, Dewa 19 kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992 di bawah label Team Records.

Album studio

Album kompilasi

Album live

 Sheila On 7

 
Sheila On 7 adalah grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996 di Yogyakarta.[1] Grup band ini pada awalnya adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta.[1] 5 Anggota di awal berdirinya adalah Duta (vokal) berasal dari SMA 4, Adam (bass) dari SMA 6, Eross (gitar) dari SMA Muhammadiyah I, Sakti (gitar) dari SMA De Britto, dan Anton (drum) berasal dari SMA Bopkri I. Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N' Roses, dll. Pada waktu itu juga, mereka telah memiliki beberapa lagu-lagu orisinal karya mereka sendiri dan mereka mencoba untuk memperkenalkan dan membawakan lagu-lagu tersebut dengan penuh rasa percaya diri di berbagai pentas.
1999 Sheila on 7 / Anugerah Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki (rilis tahun 2000 - versi Malaysia/Singapura)
2000 Kisah Klasik Untuk Masa Depan
2002 07 Des
2003 Ost. 30 Hari Mencari Cinta
2004 Pejantan Tangguh / Pria Terhebat (rilis tahun 2005 - versi Malaysia/Singapura)
2005 The Very Best Of Sheila On 7: Jalan Terus
2006 507
2008 Menentukan Arah
2011 Berlayar
2014 Musim Yang Baik

 PowerSlaves


m
POWERSLAVES adalah sebuah band yang membawakan musik Rock and roll dan Blues.Band ini berdiri sekitar April 1991 di kota Semarang-Jawa Tengah-Indonesia.Awal mulanya band ini, pertemuan Anwar Fatahillah (Bass) dengan Heydi Ibrahim (Vokal) yang memiliki kecocokan dalam konsep musik. Setelah merekrut personel pendukung lainya yaitu Bambang Kolem (Guitar), Randy (Guitar), Widi (Drum), dan Wiwiex Soedarno (Kibor), yang akhirnya Powerslaves pun berdiri dengan kekuatan yang solid.

 Boomerang



Boomerang adalah sebuah kelompok musik rock papan atas Indonesia dari Surabaya. Resmi berdiri pada 8 Mei 1994 dengan nama Lost Angels, tetapi sudah mulai berkiprah sejak tahun 1991.
Mereka konsisten tampil di jalur rock, meskipun demikian mereka tidak membatasi pengaruh berbagai macam aliran/style musik. Itu semua menjadi semacam trade mark atau ciri musik yang berbeda dari kelompok ini.
  • Boomerang (1994)
  • K.O. (1995)
  • Disharmoni (1996)
  • Hits Maker (1997)
  • Segitiga (1998)
  • Hard 'n Heavy (1999)
  • Best Ballads (1999)
  • Xtravaganza (2000)
  • The Greatest Hits of Boomerang (2003)
  • Terapi Visi (2003)
  • Urbanoustic (2005)
  • Suara Jalanan (2009)
  • Reboisasi (2012)
  • Harmonis Tidak Seragam (2014)

 Plastik



Album plastik 1995

1. Error
2. Seperti
3. Tenang
4. Konflik
5. Cinta Buatan
6. Suatu Hari Berbicara
7. Khas
8. Lingkaran Berputar
9. Haus
10. Lari
Album Insting, Psiko & Harmoni 1997
1. Statis
2. Paracetamol
3. Borgol
4. Gula
5. Pion Skak Ster
6. = 1
7. Opini
8. Insting
9. Dongeng
10. Instalasi Diam
11. Arus Negatif
Album Dengarkan pada saat tenang  1999
2. Aku Dengar
3. Dari Semua
4. Harus Mulai Darimana
5. Dimana
7. Melankolis
8. Rahasia
9. Vitamin

Album The Best 2003

1. Seperti
2. Harus Mulai Darimana
3. Error
4. Cinta Buatan
5. Statis
7. = 1
8. Pion Skak Ster
9. Rahasia
10. Khas
11. Gula
12. Paracetamol
13. Konflik
14. Seperti (The Morning Star Remix)
 

Dan beberapa band lainnya:

 

Kaisar


 Elpamas


 Voodoo


 Koes Plus





Komentar

Postingan populer dari blog ini