Baca Alkitab Kejadian 14

Dengan perikop Abram mengalahkan raja-raja di Timur dan menolong Lot

Di zaman Amrafel, raja Sinear, Ariokh, raja Elasar, Kedorlaomer, raja elam dan Tideal, raja Goyim, mereka berperang melawan Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora, Syinab, raja Adma, syemeber, raja Zeboim, dan raja negeri Bela/Zoar. 12 tahun lamanya, Bera dan sekutu takluk kepada Kedorlaomer, tetapi tahun ke-13 mereka memberontak. Di tahun ke-14, Kedorlaomer dan sekutu mengalahkan orang Refaim di Asyterot-Karnaim, orang Zuzim di Ham, orang Emim di Syawe-Kiryataim dan orang Heri di pegunungan mereka yang bernama Seir, sampai ke El-Paran di tepi padang gurun. Lalu sampai mereka ke En-Mispat dan mengalahkan orang Amalek dan Amori di Hazezon-Tamar.
Lalu keluar raja Sodom, Gomora, Adma, Zeboim, Bela melawan Kedorlaomer, Elam, Tideal, Goyim, Amrafel, Sinear, Ariokh, Elasar. 4vs5. Alhasil, Sodom dan sekutu kalah sehingga seluruh harta bendanya dirampas. Sehingga, Lot dan seluruh harta bendanya pun ikut dijarah. Kemudian Abram mendengar peristiwa ini dari seorang pelarian. Lalu Abram mengerahkan 318 orang-orang yang terlatih dan mengejar mereka sampai ke Dan. Mereka pun berhasil menyelamatkan Lot dan seluruh kepunyaannya.

Dengan perikop pertemuan Abram dan Melkisedek

Lalu keluar raja Sodom untuk menyongsong Abram ke Lembah Raja. Lalu Abram diberkati oleh Melkisedek. Lalu Abram memberikan sepersepuluh. Lalu raja Sodom berkata bahwa ia ingin Abram memberi orang-orangnya dan ia akan memberikan harta bendanya. Tetapi Abram tidak mau dan tidak ingin mengambil apapun dari raja Sodom.


Komentar

Postingan populer dari blog ini