Baca Alkitab Kejadian 19

Dengan perikop Sodom dan Gomora dimusnahkan, Lot diselamatkan

Sampailah 2 malaikat Tuhan ke Sodom saat petang. Lot saat itu sedang duduk di pintu gerbang dan melihat mereka, Lot langsung sujud dan mengundang mereka untuk dijamu di rumahnya. Saat malam, lelaki Sodom datang mengepung kediaman Lot. Mereka ingin menganiaya 2 malaikat Tuhan itu. Lot memberi tawaran bahwa 2 anak perempuan nya saja yang menjadi gantinya. Tapi para lelaki sodom itu tidak mau. Lalu 2 malaikat Tuhan menyelamatkan Lot dan membutakan semua lelaki yang mengepung kediaman Lot.
Malaikat Tuhan menyuruh Lot untuk memanggil semua keluarganya untuk keluar dari Sodom karena Tuhan hendak memusnahkan tempat itu. Lot lalu menemui 2 bakal menantuunya dan mengajak mereka pergi, tetapi Lot hanya dianggap bercanda dan dia diolok.
Saat fajar tiba, kedua malaikat itu mendesak Lot dan yang bersamanya untuk segera pergi dari Sodom. Lalu mereka pergi ke arah Zoar, sebuah kota kecil yang cukup dekat dari sana. Matahari telah terbit saat Lot sampai di Zoar. Kemudian Tuhan menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora. Tetapi istri Lot melihat kejadian itu dan menoleh ke belakang sehingga ia menjadi tiang garam.

Dengan perikop Lot dan kedua anaknya

Dari Zoar, Lot dan kedua anaknya pergi ke pegunungan dan mereka tinggal di sebuah gua. Sang kakak berkata bahwa tidak ada laki-laki yang akan menghampiri mereka di negeri itu. Jadi untuk menyambung keturunan ayahnya, mereka bergantian akan tidur dengan ayahnya. Sebelumnya Lot diberi minum anggur terlebih dahulu. Malam pertama sang kakak, yang kedua sang adik.
Lalu mengandunglah mereka. Sang kakak melahirkan Moab yang nantinya menjadi bapa orang Moab. Sang adik melahirkan Ben-Ami yang nantinya menjadi bapa bani Amon

Komentar

Postingan populer dari blog ini