Peminatan dalam Teknik Sipil UNS

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.
Karena mencakup ruang lingkup yang luas, di dalam teknik sipil ada penjurusan yang lebih detail untuk memecahkan suatu masalah yang lebih kompleks. Di teknik sipil uns sendiri memiliki 5 bidang peminatan yaitu : peminatan geoteknik, hidroteknik, manajemen konstruksi, transportasi, dan struktur.
Yang pertama adalah geo
teknik. Geo berarti bumi yang berarti secara abstrak geoteknik adalah ilmu teknik yang mempelajari unsur bumi seperti batuan dan tanah. Pasalnya, ilmu geoteknik  merupakan langkah awal terbentuknya suatu infrastruktur. Tanpa ilmu geoteknik mustahil suatu infrastruktur dapat berdiri dengan kokoh, karena ilmu geoteknik merupakan cabang dari ilmu teknik sipil yang mempelajari ilmu tanah dimana didalam ilmu ini akan dikupas tentang kemampuan tanah menahan beban, sehingga pembangunan infrastruktur dapat direncanakan sebaik mungkin agar dapat berdiri kuat dan kokoh sesuai dengan umur yang telah direncanakan sebelumnya. Matakuliah dalam peminatan geoteknik umumnya yang berkaitan dengan kekuatan dan unsur tanah. Seperti “Stabilitas Lereng dan Perbaikan Tanah”. Kemantapan (stabilitas) lereng merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam pekerjaan yang berhubungan dengan penggalian dan penimbunan tanah, batuan dan bahan galian, karena menyangkut persoalan keselamatan manusia (pekerja), keamanan peralatan serta kelancaran produksi. Keadaan ini berhubungan dengan terdapat dalam bermacam-macam jenis pekerjaan, misalnya pada pembuatan jalan, bendungan, penggalian kanal, penggalian untuk konstruksi, penambangan dan lain-lain. Dan juga matakuliah “Dinamika Tanah dan Kegempaan”. Dalam membuat bangunan, kita harus memperhatikan potensi gempa ntuk meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi.
Yang kedua adalah hidroteknik. Hidro berarti air yang berarti hidroteknik adalah ilmu teknik yang mempelajari tentang air secara detail. Biasanya peminatan ini berguna dalam merencanakan sebuah konstruksi yang berhubungan dengan air seperti pelabuhan, dam, irigasi, pemecah ombak, dan lainnya. Matakuliah seperti “Perancangan Sumber Daya Air dengan Sistem Informasi Geografis” mempelajari tentang bagaimana mengefektifkan penggunaan sumber daya air yang mungkin baru ditemukan. Matakuliah “Pengelolaan Limbah” menurut saya merupakan inti dari peminatan ini. Seperti yang kita tahu, masalah utama yang dihadapi dunia sekarang ini adalah masalah kerusakan alam. Dengan mempelajari cara yang efektif mengelola limbah, maka masalah kerusakan alam dapat teratasi dengan baik.
Yang ketiga adalah manajemen konstruksi. Manajemen konstruksi adalah ilmu yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industi konstruksi. Manajemen konstruksi juga dapat diartikan sebagai sebuah model bisnis yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberi nasihat dan bantuan dalam sebuah proyek pembangunan. Di peminatan ini juga mempelajari tentang legalisasi pembangunan konstruksi. Jadi dalam membangun sebuah proyek, harus jelas dasar hukumnya dan tidak menyusahkan masyarakat sekitar.
Yang keempat adalah transportasi. Peminatan ini mempelajari bagaimana kita membangun sebuah saran transportasi massal. Seperti bandara, pelabuhan, terminal, rel, dan lainnya. Peminatan ini juga mempelajari mekanisme lalu lintas, perancangan simpang susun, dan juga keselamatan transportasi. Matakuliah “Keselamatan Transportasi dan Lingkungan”, berarti dalam membangun sebuah sarana transportasi, kita harus memperhatikan kelangsungan di sekitar dan pastinya menjamin keselamatan pengguna transportasi.
Dan yang terakhir adalah struktur. Peminatan ini memfokuskan tentang mempelajari komponen dalam membuat struktur sebuah bangunan. Perancangan struktur beton, baja, gedung tinggi, jembatan dipelajari disini.

Itulah peminatan yang ada dalam teknik sipil uns. Yang perlu diingat, semua peminatan itu mempelajari tentang membangun sebuah konstruksi yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Jadi segala pekerjaan yang kita lakukan, selalu meminta pertolongan kepada Tuhan untuk membimbing kita agar dapat berguna bagi orang banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini