Meminimalkan Pemanasan Global

Mungkin ini hanya terlintas di pikiranku saja sebuah ide yang masih abstrak tentang cara meminimalkan pemanasan global yang terjadi. 

Pembangun
an di dunia ini terus berlanjut. Mulai dari sekarang, dalam pembangunan kita tidak hanya memperhatikan kekokohan bangunan itu, tetapi juga kita harus memerhatikan lingkungan di sebelah bangunan yang akan dibangun. Karena jika pembangunan terus berlanjut tanpa memerhatikan lingkungan, maka alam akan marah. Bumi ini tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri.

            Saya mempunyai gagasan untuk membangun sebuah taman ekowisata. Disebut ekowisata karena selain sebagai wisata, taman ini juga dibuat untuk wahana edukasi bagi masyarakat. Pertama sekali kita menentukan lokasi yang tepat untuk membangunnya. Bisa saja kita menghancurkan gedung/ mall yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan taman. Beberapa negara sudah berani mempraktikkannya. Taman ini nantinya dibuat dengan 100 % bahan alami dan yang tidak merusak lingkungan. Kursi-kursi tamannya dapat dibuat dari plastik yang didaur ulang dan juga kayu-kayu bekas. Lantai dibuat dari beton berpori agar air dapat meresap ke tanah. Lampu-lampu taman menggunakan panel surya. Sumber daya matahari diserap saat siang hari dan saat malam hari lampu bersinar. Di sudut taman itu, dibuat satu pondok perpustakaan yang dindingnya dibuat dari bambu. Pondok itu dibangun lebih tinggi dasarnya agar saat hujan air tidak masuk. Selain itu, dibuat saluran air yang mengaliri seluruh taman. Tempat pembuangan sampah dipisahkan organik dan non-organik. Vegetasi yang ditanam adalah tanaman yang tidak berduri, berbunga, pohon-pohonan. Tidak ada akses bagi kendaraan bermotor, hanya sepeda dan pejalan kaki. Terdapat juga air minum umum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini