Impian

Ini adalah tulisanku tentang impianku

Saya mempunyai impian untuk masa depan saya nanti yaitu saya ingin lebih memperdayakan sumber daya kita yang ada di laut. Sepe
rti yang kita tahu, jika laut yang kita miliki tidak dirawat dan dilestarikan, maka kehidupan yang ada di dalam laut untuk lama kelamaan akan mati dan tidak menghasilkan apa-apa lagi. Terutama hasil laut berupa ikan yang merupakan kebutuhan jasmani kita. Banyak nelayan yang tidak mengerti bahkan tidak peduli jika cara pengambilan ikan yang mereka lakukan dengan menggunakan pukat , bom, racun, dan lainnya dapat merusak ekosistem laut dan memiliki potensi untuk menghilangkan kehidupan yang ada di laut itu. Terlebih jika yang melakukan itu adalah nelayan dari negara tetangga. Dia melanggar kedaulatan negara kita dan juga merusak sumber daya kita.
Memperbaiki ekosistem yang rusak memang tidak mudah. Tetapi jika tidak melakukan apa pun, kondisi tidak akan berubah sama sekali dan bahkan menjadi lebih buruk. Saya memiliki keinginan untuk mempunyai kemampuan merancang dan membangun sebuah konstruksi yang dapat dibangun di bawah air untuk membantu pertumbuhan terumbu karang. Mengapa terumbu karang? Karena terumbu karang merupakan pusat ekosistem di laut. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. Terumbu karang menjadi ekosistem dengan biodiversitas yang tertinggi dibanding ekosistem laut lainnya. Dengan tingkat biodiversitas yang tinggi maka terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman genetik dan spesies. Keanekaragaman genetik menjadikan ditemukannya keberagaman variasi maskhluk hidup yang memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi. Sedang keanekaragaman spesies berarti akan semakin banyak jenis biota yang dapat dimanfaatkan. Terumbu karang juga berfungsi sebagai pemecah ombak laut yang dapat mencegah terjadinya abrasi. Dan juga terumbu karang dapat menyerap gas CO2. Jadi tidak hanya tumbuhan di darat yang menyerap karbondioksida. Nantinya gas ini direaksikan menjadi zat kapur yang merupakan bahan  baku terumbu karang.

Memang tidak mudah dalam mempelajari sebuah konstruksi yang akan dibangun di laut karena kita harus mengukur secara tepat konstruksi ini agar tidak rumpang dan tahan dari tekanan air laut. Kita juga harus meneliti bahan yang cocok untuk digunakan dan pastinya ramah lingkungan. Saya juga tidak akan bekerja sendiri. Saya ingin bekerja sama dengan penduduk sekitar untuk ikut mengembangkan potensi terumbu karang tersebut. Merekalah yang nantinya mengurus dan dapat memanfaatkan hasil dari terumbu karang itu. Dalam bayangan saya, konstruksi ini nantinya dapat memungkinkan terumbu karang untuk tumbuh di tempat yang seharusnya tidak dapat ditumbuhi terumbu karang. Mungkin dalam bentuk sebuah wadah atau penopang. Untuk mewujudkan ini, pertama yang saya lakukan adalah berdoa kepada Tuhan. Semua yang kita rencanakan jika Dia tidak berkehendak, maka itu pasti tidak terjadi. Hendaknya kita meminta berkat dari Tuhan untuk menuntun kita dalam setiap usaha yang kita laksanakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini