Solusi Teka Teki dari Albert Einstein

Solusi

Pertama kita bayangkan rumah berderet sejajar dan rumah paling kiri adalah rumah pertama. Kemudian kita buat kemungkinan dari warna rumah, kebangsaan, minuman, rokok, dan hewan peliharaan.

Warna                 : merah, putih, coklat, kuning, biru
Kebangsaan         : Inggris, Swedia, Denmark, Norwegia, Jerman
Minuman              : teh, kopi, susu, bir, air
Rokok                  : PallMall, Dunhill, Marlboro, Winfield, Rothmans
Hewan peliharaan : anjing, burung, kuda, kucing, ikan

Lalu kita mulai pecahkan teka tekinya.
  1.  Kita lihat petunjuk nomor 7, 9, dan 13. Dikatakan bahwa orang yang rumahnya di tengah suka minum susu, dan Orang Norwegia tinggal di rumah pertama. Jadi, rumah paling kiri tinggal Orang Nowergia, rumah ke tiga minum susu dan rumah kedua berwarna biru.
  2. Kita lihat petunjuk nomor 4 dan 5. Di kiri rumah coklat yaitu rumah putih yang minum kopi. Rumah pertama tidak mungkin berwarna putih karena tetangganya rumah biru, dan tidak mungkin di rumah ketiga karena rumah ketiga minum susu. Jadi, rumah keempat berwarna putih dan minum kopi, dan rumah kelima berwarna coklat.
  3. Kita lihat petunjuk nomor 1 dan 8. Tinggal rumah pertama dan ketiga yang belum tahu warnanya. Di petunjuk nomor 1, Inggris tinggal di rumah merah. Karena di rumah pertama sudah ada Nowergia, berarti orang Inggris berada di rumah ketiga warna merah. Jadi, rumah pertama merokok Dunhill, dan rumah ketiga berwarna merah dan tinggal orang Inggris.
  4. Kita lihat petunjuk nomor 11. Jadi, rumah kedua memelihara Kuda.
  5. Kita lihat petunjuk nomor 3. Orang Denmark tidak mungkin : berada di rumah pertama karena sudah tinggal orang Nowergia, dan di rumah keempat suka minum kopi. Jadi kemungkinan orang Denmark berada di rumah kedua atau kelima
  6. Kita lihat petunjuk nomor 12 dan coba masukkan Denmark di rumah kedua yang minum teh. Jadi, rumah kedua tinggal orang Denmark yang minum teh , rumah kelima minum bir dan merokok Winfield, dan rumah pertama minum air.
  7. Kita lihat petunjuk nomor 15. Jadi, rumah kedua merokok Marlboro.
  8. Kita lihat petunjuk nomor 14. Karena orang Inggris sudah di rumah ketiga, jadi rumah keempat tinggal orang Jerman yang merokok Rothmans, rumah ketiga merokok PallMall, dan rumah kelima tinggal orang Swedia.
  9. Kita lihat petunjuk nomor 2, 6, dan 10. Jadi, rumah kelima memelihara anjing, rumah ketiga memelihara burung, dan rumah pertama kucing.
  10. Jadi jawabannya Ikan berada di rumah keempat.
Bisa diambil kesimpulan,

Rumah 1
Warna : kuning
Kebangsaan : Norwegia
Minuman : air
Rokok : Dunhill
Hewan : kucing

Rumah 2
Warna : biru
Kebangsaan : Denmark
Minuman : teh
Rokok : Marlboro
Hewan : kuda

Rumah 3
Warna : merah
Kebangsaan : Inggris
Minuman : susu
Rokok : PallMall
Hewan : burung

Rumah 4
Warna : Putih
Kebangsaan : Jerman
Minuman : kopi
Rokok : Rothmans
Hewan : Ikan


Rumah 5
Warna : coklat
Kebangsaan : Swedia
Minuman : bir
Rokok : Winfield
Hewan : anjing

Komentar

Postingan populer dari blog ini